05 Jun

Toko online tidak butuh modal besar

Modal bagi sebagian orang bahkan bagi kebanyakan orang menjadi kendala utama dalam memulai bisnis terlebih  bagi seorang pemula. Apalagi dalam suasana krisis ekonomi yang tidak jelas. Dimana suku bunga perbankan melambung sangat tinggi. Ketika suku bunga melonjak bank tidak lagi menjadi sahabat buat anda. Lalu kemana anda harus mencari sumber dana?

Ada dua opsi untuk keluar dari masalah ini, yaitu menggunakan sumber pendanaan sendiri atau mengubah rencana berbisnis. Kendalanya jika menggunakan pendanaan sendiri anda akan terbentur dengan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang. Disinilah kita harus pintar-pintar memilih bisnis. Kalau anda memiliki modal dan tabungan yang cukup mulailah rencana bisnis anda yang sudah diplaning secara sempurna. Tapi kalau tidak, sekali lagi mulailah berpikir untuk bisnis yang lain. Adakah bisnis yang bisa lebih murah dengan hasil yang sama besar, jawabnya pasti ada, selama anda memiliki kemauan.

Jika anda membuka sebuah toko spart dan suku cadang kendaraan bermotor didunia nyata maka perkiraan biaya-biaya yang akan anda keluarkan bisa jauh lebih besar dengan anda membuka toko spart secara online. Anda bisa bekerjasama dengan sebuah toko spart part atau suku cadang kendaraan bermotor, lalu anda membuat sebuah webstore untuk mendisplay barang-barang tersebut, semakin banyak barang yang didisplay akan semakin bagus.

Dan taukah anda berapa biaya yang di perlukan untuk membuat sebuah webstore atau toko online untuk mendisplay ribuan atau bahkan ratusan ribu barang? anda cukup mengeluarkan biaya di bawah satu jutaan atau lebih tepatnya hanya 750 ribu rupiah! dan taukah anda berapa perkiraan biaya untuk membuka sebuah toko off line untuk barang-barang tersebut, mohon maaf saya tidak bisa menjawabnya, dan silahkan anda sendiri yang memperkirakannya.

Kesimpulannya membuat sebuah usaha secara online tidak memerlukan dana yang besar apalagi membutuhkan pendanaan dari perbankkan.

” Saat saya mengajukan proposal pendanaan Facebook ke sebuah bank di Amerika, pihak bank bertanya kepada saya, apa jaminan kamu dan bagaimana kalau kamu gagal dalam bisnis Facebookmu, pertanyaan itulah yang menyebabkan saya gagal mendapatkan dana segar dari bank” (Mark Zukerberg- pemilik Facebook.com)

No ratings yet.

Please rate this



Share this

Comments (1)

han hui
June 7, 2016 Reply

ada aplikasi yg cocok untuk pesan antar makanan semacam klik-eat, pumasera. klo ada kira2 berapa biayanya. thanks

Leave a reply