Cara Keramas Rambut yang Pas Sesuai Jenis Rambut – Bagaimana Ya?

Cara keramas rambut bisa berbeda – beda tergantung jenis rambutnya. Juga, berapa kali keramas atau frekuensinya. Cara keramas rambut yang pas, akan membuat rambut lebih sehat dan lebih mudah diatur. Hasilnya, akan terlihat lebih indah.

Waktu mandi adalah waktu yang ditunggu sebagian orang. Meskipun, bagi sebagian lain, waktu ini waktu biasa saja.

Karenanya, kita bisa melihat desain Bathtub yang bagus, yang elegan dan juga mahal. Kemudian, ada juga pemanas air yang bagus, dan juga berbagai “bathroom fixtures” yang bergaya. Semua diproduksi untuk orang – orang penyuka kegiatan mandi.

Meskipun Anda mungkin termasuk yang bersikap biasa terhadap mandi, tetapi cara keramnas rambut harus tetap diperhatikan. Ini karena, cara keramas yang benar akan membuat rambuit kita lebih indah dan sehat.

Cara Keramas Rambut Sesuai Jenis Rambut

Ada beberapa jenis rambut. Karenanya, ada beberapa cara keramas. Juga frekuensi keramasnya.

  • Rambut Berminyak

Rambut berminyak cenderung mudah lepek. Rambut ini biasanya berkilau. Dan, jika kotor maka akan minyak dan kotoran membuat rambut mudah lepek.

Untuk keramas, silahkan menggunakan shampo yang berbahan ringan. Juga membantu membuat rambut mengembang. Pilihan shamponya misal adalah Dove Super Shampoo. Selain itu, bisa juga dikeringkan dengan Blow Dryer supaya ada kesan mengembang.

Baca Juga >  Tips Cara Mengendalikan Emosi Kepada Anak yang Lebih Efektif

Untuk kondisioner, sebaiknya diaplikasikan hanya di ujung rambut. Bukan di kulit kepala.

Untuk frekuensi, keramas cukup 2 hari sekali. Jika setiap hari, sama saja minyak akan tetap diproduksi lagi. Kemudian, sebaiknya, tidak usah menggunakan gel  dan mousse. Keduanya hanya menambah produksi minyak saja.

  • Rambut Kering

Untuk aktifitas normal, mencuci rambut disarankan 2 kali saja sepekan. Rambut kering adalah kebalikan rambut berminyak. Jika dicuci terlalu sering, maka akan semakin menghilangkan minyak.

Rambut kering mungkin memerlukan kondisioner. Juga, perlu shampo khusus rambut kering. Rambut kering tidak terlihat berkilau seperti rambut berminyak.

  • Rambut Normal

Yang namanya normal, semua mudah dilakukan. Kita bisa keramas kapanpun kita ingin. Meskipun begitu, jangan terlalu sering atau terlalu jarang juga. Yang lebih baik, adalah dengan melihat aktifitas kita diluar rumah.

  • Rambut Diwarnai

Rambut yang diwarnai perlu shampo khusus. Juga, tidak perlu dicuci terlalu sering. Warnanya pasti mudah hilang.

  • Rambut Rusak

Rambut rusak ditandai dengan warna kusam, rapuh dan bercabang. hal ini terjadi karena sinar matahari, bahan kimia dari pewarna rambut. Bisa juga karena penggunaan alat untuk rambut yang panas.

Rambut seperti ini membutuhkan nutrisi supaya kembali kuat. Solusinya adalah menggunakan Dove Total Damage Treatment Shampoo dan Conditioner. Secara khusus, produk ini mengandung keratin dan juga banyak mengandung pelembab.

Saat keramas, perlu menggunakan hair oil alami.Bahan ini dioleskan hingga ke kulit kepala. Kemudian, sangat disarankan untuk menghindari Hair Dryer.

  • Rambut Lurus

Rambut lurus memiliki kecenderungan menjadi rambut berminyak. Itu karena minyak mudah melapisi seluruh rambut dari ujung ke ujung.

  • Rambut Bergelombang

Rambut bergelombang karena bentuk helainya seperti gelombang laut. rambut jenis ini juga cenderung tebal dibanding rambut lurus.

Baca Juga >  Tips Cara Mengendalikan Emosi Kepada Anak yang Lebih Efektif

Untuk rambut ini, shampo dan kondisioner dengan pelembab adalah jenis yang disarankan.

Jika menggunakan Hair Dryer, maka disarankan mengeringkan rambut terlebih dahulu hingga setengah kering.

  • Rambut Keriting

Rambut keriting perlu moisturizer dan kondisioner yang banyak. Gunayan untuk menjaga rambut tetap lembab.

Untuk keramas, perlu dengan air dingin. Kulit kepala juga bisa dipijat perlahan. Dan, bisa menggunakan masker rambut untuk membantu melembabkan rambut.

Untuk mengeringkan, handuk hanya perlu ditepuk – tepuk ringan. Tujuannya supaya rambut tidak lecek. Kemudian, perlu menghindari Hair Dryer.

  • Rambut Kaku dan lebat / Rambut Singa

Rambut jenis ini cenderung tahan panas dari catokan. Juga lebih tahan kimia. Tetapi, sulit diatur. karena itu perlu pelembab.

  • Rambut Tipis

Rambut tipis terlihat kurang baik. Kempis, kurang volume dan juga lepek. karena itu, jangan mengaplikasikan panas atau kimia ke rambut tipis karena cenderung rapuh.

Untuk pemilihan shampo, bisa menggunakan shampo yang memberi volume. Selain itu, perlu juga membersihkan rambut dengan air dan cuka apel. Fungsinya, untuk membuat PH di kulit kepala menjadi seimbang.

Cara Menjaga Kesehatan Rambut

Untuk menjaga kesehatan rambut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya saja.

  • Menggunakan kondisioner hanya pada rambut. Bukan pada kulit kepala.

  • Jangan keramas menggunakan air panas.

Berbeda dengan mandi, keramas dengan air panas bisa merusak rambut jika terlalu sering dilakukan.

  • Memijat kulit kepala perlahan secara berkala.

Pemijatan ini bertujuan supaya aliran darah di kulit kepala menjadi lebih lancar.

  • Tidak menggosok rambut dengan handuk terlalu keras.

Tentu saja, gososkan yang terlalu keras akan merusakkan rambut.

Itulah beberapa tips cara keramas rambut yang tepat sesuai jenis rambut. Semoga bermanfaat dan salam sehat dan sukses selalu!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *